Software Produktifitas – Note Taking Apps

Salah satu fungsi smartphone yang tidak kalah penting adalah fungsi organisasi tugas. Bagi yang mengenal istilah to-do list maka itulah ide dasar software produktifitas sebagai pengorganisasi tugas. Saat ini software produktifitas tidak hanya mengerjakan fungsi pengingat pekerjaan (to-do list). Sebagian besar software sudah menyediakan penyimpanan tulisan, gambar, dan suara. Bagi yang kesulitan mencatat apapun yang ada di pikiran maka menggunakan software produktifitas adalah pilihan yang tepat.

Ada beberapa kemudahan yang disediakan oleh sebagian besar software produktifitas. Pertama adalah software ini gratis untuk diunduh. Sebenarnya tidak sepenuhnya gratis karena kita harus membayar jika ingin merasakan pengalaman penuh dalam menggunakan software. Kedua adalah fasilitas sinkronisasi. Sinkronisasi menjadi penting ketika kita ingin mengakses catatan dari gadget yang berbeda. Kita bisa mengakses catatan dari tablet atau laptop tanpa harus menggunakan smartphone. Ketiga adalah multiplatfrom, software produktifitas bisa diinstal di sistem operasi yang berbeda.  Berikut ini akan diulas secara singkat beberapa software produktifitas populer

1. EVERNOTE

Evernote

Evernote menyediakan fasilitas penyimpanan catatan berupa teks, gambar, dan suara. Software ini sudah tersedia di semua platform populer seperti Android, iOS, Blackberry, dan Windows 8. Evernote tersedia baik versi mobile device, computers, dan browser extentions. Fitur dari evernote antara lain membuat catatan tulis, gambar, dan catatan suara. Software ini juga bisa membuat klip halaman web. Kemudian ada juga sinkronisasi catatan antar alat komunikasi.

2. GOOGLE KEEP

Google keep logo

Software yang baru diluncurkan baru-baru ini oleh Google bertujuan untuk menyaingi popularitas Evernote. Google Keep baru tersedia di platform Android. Jika OneNote terhubung dengan fasilitas SkyDrive, maka Google Keep sudah langsung terhubung dengan penyimpanan Google Drive. Fitur yang dimiliki Google Keep hampir mirip dengan Evernote. Namun Google Keep memberikan fitur keren lain seperti catatan suara yang secara automatis transcribed, kemudian integrasi dengan Android, dan softaware ini bisa mengubah catatan menjadi checklist.

3. WUNDERLIST

wunderlist2

Software keluaran Jerman ini adalah App of the Year di Japan dan iPhone app of the Week di 104 negara. Software produktifitas ini sudah tersedia di Android, iPhone, Ipad, Windows, dan Mac. Tidak lupa Wunderlist juga sudah tersedia dalam bentuk browser extention. Beberapa fitur menarik dari Wunderlist adalah Cloud Sync, List, Recuring & Subtasks, Reminder, Collaborate, Notifications, Sharing, dan Good design

4. CATCH

catch

Software cantik ini menyediakan fasilitas catatan dengan berbagai warna untuk menandai setiap kategori. Software Catch hanya tersedia versi mobile dan juga browser extentions selain itu software ini tidak memiliki integrasi dengan fasilitas penyimpanan online. Keunggulan Catch adalah navigasi dan tampila n yang sederhana. Fitur yang disediakan Catch antara lain bisa membuat catatan tulis, suara, dan foto. Selain itu Catch memungkinkan untuk kolaborasi to-do list, pengaturan pengingat, dan fitur berbagi catatan.

5. MICROSOFT OneNote

unnamed

Pengguna setia microsoft office pasti tahu salah satu lini penting office: OneNote. OneNote didesain khusus untuk memberi kemudahan dalam membuat catatan dengan fasilitas autosave. Software buatan Microsoft ini menyediakan fasilitas sinkronisasi yang mengagumkan dengan koneksi ke penyimpanan online SkyDrive. Darimanapun teman-teman menulis di OneNote, maka secara automatis akan tersimpan di SkyDrive. Saat ini OneNote versi Windows sudah tersinkronisasi dengan baik dengan versi mobile.

Screenshot_2013-04-15-22-52-26 Screenshot_2013-04-15-22-51-52 Screenshot_2013-04-15-22-52-51 Screenshot_2013-04-15-22-53-43 Screenshot_2013-04-15-22-56-50

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s