Sheffield, Kota yang Adem Ayem

Gambar

Sheffield Train Station by OC Cahyono Priyanto

6 bulan sudah aku tinggal di Sheffield. Banyak hal yang aku temui dan rasakan disini. Kota yang nyaman, tenteram, dan juga damai. Jika Jogja dikatakan adem ayem, maka menurutku Sheffield pun layak disebut adem ayam. Kota ini juga kota pelajar dengan dua universitas yaitu Sheffield Hallam University dan University of Sheffield. Terasa sekali ketika libur natal dan paskah kota ini begitu sepi, seperti Jogja saat musim mudik lebaran.

Teringat dulu ketika akan menentukan apakah akan ke Portsmouth atau Sheffield. Pilihan jatuh ke Sheffield dengan alasan sederhana: ada Jumatan rutin di kampusku. Memang benar bahwa disini banyak dijumpai mahasiswa muslim. Bahkan makanan halal pun mudah didapat. Masjid pun bisa dijumpai tidak jauh dari area kampus. Pengajian rutin dan kelas bahasa arab bisa dijumpai baik di perkumpulan mahasiswa muslim maupun di masjid terdekat.

Gambar

Winter Garden by OC Cahyono Priyanto

Kota ini menurutku memiliki posisi yang strategis. Berlokasi di South Yorkshire yang berada di Inggris tengah, kota Sheffield bisa menjangkau kota-kota besar dengan cepat. Hanya perlu 40 menitan untuk mencapai Manchester. Jika ingin ke London maka dengan kereta bisa dijangkau dengan 3 jam perjalanan. Sekitar 4-5 jam untuk mencapai Edinburgh, kota cantik di Skotlandia. Bagi penggemar Laskar Pelangi, kota ini dekat dengan Edensor yang digambarkan dengan sangat cantik oleh Andrea Hirata.

Gambar

Edensor by Rijadh Djatu Winardi

Kota ini pun menawarkan pengalaman akademik bagi para pengejar ilmu pengetahuan. University of Sheffield adalah salah satu universitas terbaik di Inggris. Universitas ini terdepan khususnya di bidang teknik mesin dan teknik penerbangan. Yak, aerospace engineering di University of Sheffield memiliki kerjasama erat dengan perusahaan pesawat Boeing. Universitas lain yaitu Sheffield Hallam University, meski berperingkat jauh dari University of Sheffield namun  tetap menawarkan pengalaman akademik khususnya di bidang forensik seperti forensic accounting, forensic science, forensic computing, dan criminology.

Gambar

Arts Tower University of Sheffield by OC Cahyono Priyanto

Jika berkunjung ke Inggris, maka sempatkanlah untuk singgah di Sheffield. Jika berniat untuk melanjutkan kuliah di Inggris, maka masukanlah baik University of Sheffield atau Sheffield Hallam University sebagai bahan pertimbangan pilihan universitas. Meski menurutku kota-kota di Inggris memiliki nuansa yang sama, namun ada pengalaman tersendiri yang bisa ditemui di Sheffield. Semoga deskripsi singkat ini cukup untuk menggambarkan kota tempat aku tinggal ini.

2 thoughts on “Sheffield, Kota yang Adem Ayem

  1. halo mas… saya sedang mempersiapkan segala sesuatu untuk ke sheffield. rencananya november nanti saya akan ikut model united nations di university of sheffield. agak grogi juga nih. kota nya aman gak sih mas?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s