Alternatif Studi Akuntansi

Gambar

Pertamina Tower FEB UGM by Rijadh Djatu Winardi

Setelah lulus dari studi sarjana kita akan memperoleh beberapa pilihan yang mau tidak mau harus dipilih. Entah melanjutkan sekolah, mencari pekerjaan, atau membuka usaha sendiri. Memilih sekolah bagi mereka yang ingin memperdalam pemahaman keilmuan dan mungkin belum puas dengan ilmu yang diperoleh saat S1. Bagi yang berbidang studi Akuntansi, studi lanjut ke tingkat master atau doktor memberi kesempatan untuk mempelajari lebih dalam tentang akuntansi. Baik dari aspek riset maupun praktis.

Akuntansi tidak hanya akuntansi keuangan, manajemen, dan pengauditan. Ada juga bidang alternatif studi akuntansi yang layak dicoba jika teman-teman memutuskan untuk melanjutkan studi. Selain membuka wawasan juga bidang ini sangat mungkin berkembang di Indonesia. Berikut adalah deskripsi studi dan universitas yang menawarkannya. Menarik melihat ada kesamaan dari ketiga bidang studi yang akan dibahas. Ketiganya merupakan bidang studi multidisipliner dan kesamaan lain adalah bidang ini belum banyak berkembang di Indonesia.

1. Akuntansi Lingkungan

Akuntansi lingkungan menyediakan rerangka untuk mengorganisasi informasi lingkungan contohnya mengenai status, pemakaian, dan nilai dari sumber daya alam dan aset lingkungan seperti kekayaan hutan dan perikanan. Dasar mengapa informasi mengenai lingkungan menjadi penting adalah karena banyak pembuat keputusan yang kekurangan informasi yang dibutuhkan untuk memahami dampak lingkungan dari keputusan mereka dan juga implikasi ekonomi dari perubahan ekonomi.

Salah satu contoh konsep di bidang akuntansi lingkungan adalah akun lingkungan. Ada 4 klasifikasi akun lingkungan yaitu akun aset sumber daya alam, akun aliran fisik polusi dan materi, akun moneter dan hybrid, dan environmentally-adjusted macroeconomic aggregates.

Melihat popularitas akuntansi lingkungan terlihat kalau bidang ini tidak berhenti di level perusahaan namun juga level negara. Kesadaran akan pentingnya bidang ini selaras dengan kesadaran akan semakin rapuhnya lingkungan dari hari ke hari. Selain itu masalah lingkungan juga pada dasarnya adalah masalah bisnis maka tidak heran  perusahaan dituntut lebih peduli pada akuntansi lingkungan ini.

Universitas yang menawarkan studi akuntansi lingkungan contohnya adalah:  Swinburne University of Technology

(http://www.future.swinburne.edu.au/units/Social-and-Environmental-Accounting-HBC344N/local)

2. Akuntansi Minyak dan Gas

Bidang perminyakan dan gas atau petroleum memiliki kekompleksan dan kekhasan. Dalam petroleum accounting dijelaskan aktifitas dalam perminyakan dan gas serta berbagai prinsip, metode, dan prosedur akuntansi untuk kepentingan pelaporan keuangan di bidang petroleum.

Contoh konsep yang bisa ditemui di akuntansi minyak dan gas antara lain:

  • AN INTRODUCTION TO THE PETROLEUM INDUSTRY
  • PETROLEUM ECONOMICS
  • ORGANIZATION OF AN E&P COMPANY
  • ACCOUNTING PRINCIPLES FOR OIL AND GAS PRODUCING ACTIVITIES
  • GEOLOGICAL AND GEOPHYSICAL EXPLORATION
  • ACCOUNTING FOR EXPLORATION COSTS
  • ACCOUNTING FOR COSTS INCURRED IN DRILLING AND
  • EQUIPPING OIL AND GAS PROPERTIES

Menarik bukan? Bidang ini menyediakan pengalaman untuk memahami aspek teknis secara mendalam dari industri perminyakan dan gas. Sayangnya bidang ini belum begitu populer di Indonesia. Ironis ketika negara-negara seperti UK dan Amerika yang tidak memiliki kekayaan minyak dan gas justru sudah maju mengembangkan studi mengenai akuntansi minyak dan gas.

Universitas yang menawarkan bidang studi ini: University of Aberdeen (http://www.abdn.ac.uk/prospectus/pgrad/study/taught/int_business_energy/)

3. Akuntansi Forensik

Istilah forensik selalu menandakan bidang multidisiplin. Akuntansi forensik merupakan gabungan antara akuntansi dengan hukum. Istilah forensik menunjukan kaitan dengan pengadilan, investigasi, dan bukti. Banyaknya skandal dan kejahatan finansial di dunia bisnis merupakan latar belakang munculnya bidang ini. Namun dalam perkembangannya bidang akuntansi forensik tidak hanya melulu mengurus kejahatan finansial. Lebih luas bahkan bidang ini menyediakan jasa penghitungan klaim kerugian, saksi ahli, dan corporate intelligence. Jasa yang terakhir menarik untuk dibahas tersendiri. Contoh konsep yang bisa ditemui di bidang Akuntansi Forensik antara lain fraud triangle, red flag, fraud risk management, financial shenanigans, expert witnesses. Bidang ini juga erat kaitannya dengan corporate governance, law of evidence, cyber crime, dan criminal litigation. Menarik bukan? Bagi yang ingin bekerja di KPK, maka bidang ini memberikan pengetahuan dasar yang cukup.

Universitas yang menawarkan bidang ini contohnya: West Virginia University (http://online.wvu.edu/FAFE/)

Sebenarnya ada bidang menarik lain yang layak dibahas seperti akuntansi keperilakuan dan akuntansi syariah. Namun karena banyak bahasan maka akan lebih baik jika dibahas tersendiri. Semoga sedikit menyentuh sisi menarik dari bidang-bidang di atas.

Bacaan menarik tentang bahasan ini:

Akuntansi Lingkungan

http://www.environmental-auditing.org/LinkClick.aspx?fileticket=s%2FFCvUzSKsk%3D&tabid=128&mid=568

Akuntansi Minyak dan Gas

http://www.pwc.com/gx/en/oil-gas-energy/petroleum-accounting/index.jhtml

Akuntansi Forensik

http://www.fbi.gov/news/stories/2012/march/forensic-accountants_030912/forensic-accountants_030912

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s