Tips Jalan-jalan di UK

Gambar

Memperoleh kesempatan studi di UK merupakan kesempatan berharga. Banyak orang beranggapan demikian. UK mungkin sama seperti negara-negara lain. Ada sejuta kesempatan di negara ini. Bagi pencinta jalan-jalan maka UK menyediakan banyak destinasi menarik. Pencinta makanan akan dimanjakan dengan bervariasinya makanan internasional di Inggris. Pencinta ilmu pengetahuan bisa menemukan tempat belajar sempurna di banyak universitas berperingkat dunia di UK. Tulisan kali ini berusaha memberikan beberapa tips umum untuk para traveller yang menjadikan UK sebagai tempat tujuannya. Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis.

TIPS #1: Pesan tiket kereta jauh-jauh hari

Sistem perkeretaan di UK sudah sangat maju jika dibandingkan dengan Indonesia. Ketepatan waktu dan ketersediaan informasi kereta bisa diandalkan untuk bepergian. Selain itu pemesan tiket pun juga sudah maju melalui sistem online. Melalui sistem ini, pelanggan bisa memesan tiket dari seluruh penjuru UK dan mengambil tiket di stasiun terdekat melalui semacam ATM tiket. Bahkan untuk tiket bus, pelanggan bisa mencetak tiket sendiri di rumah setelah memesan secara online. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan baik kartu debit atau kartu kredit.

Jenis tiket kereta di UK umumnya digolongkan berdasarkan fleksibelitas waktu. Ada tiket advanced, off-peak, dan anytime. Jenis pertama adalah tiket paling murah dimana penumpang berangkat atau kembali dengan jam yang pasti. Tiket off-peak adalah tiket fleksibel dengan waktu keberangkatan dan kepulangan di luar jam kantor. Tiket anytime adalah tiket paling fleksibel, karena penumpang bebas menentukan kapan berangkat dan pulang. Selain itu ada juga klasifikasi kelas yaitu economy dan first-class. Namun kelas economy di UK sudah bagus bahkan seperti kelas eksekutif di Indonesia.

Harga tiket kereta dan bus semakin mahal saat mendekati waktu keberangkatan. Jenis tiket advanced umumnya hanya dijual sampai sehari sebelum keberangkatan. Setelahnya hanya ditawarkan jenis tiket off-peak atau anytime. Maka ada baiknya jika sudah bisa dipastikan waktu keberangkatan maka pesanlah tiket kereta/bus jauh-jauh hari agar memperoleh tiket murah.

Lalu bagaimana dengan selisih harga? Untuk perjalanan jarak pendek selisihnya tidak signifikan yaitu antara 2-5 pounds. Tapi untuk perjalanan jarak jauh selisihnya bisa mencapai 10-20 pounds.

TIPS #2: Buat rail card

Rail card adalah kartu sakti. Pemesanan dengan rail card akan mendapatkan potongan yang lumayan besar yaitu 30 persen. Untuk mendapatkan kartu ini relatif mudah dan bisa dilakukan secara online atau langsung di stasiun. Pemesanan online  lebih praktis dan mudah daripada mengurus langsung ke stasiun. Cukup dengan mengisi form online, nomor paspor, upload pas foto, dan membayar 28 pounds untuk setahun. Kemudian raild card akan dikirim ke alamat kita setelah disetujui. Umumnya dalam seminggu kartu sudah diterima di tangan.

Biaya 28 pounds memang mahal. Namun jika digunakan untuk bepergian berkali-kali maka keuntungan yang diperoleh akan melebihi biaya 28 pounds. Sebagai gambaran, biaya tiket kereta dari Sheffield ke Edinburgh paling mahal bisa mencapai 100 pounds. Dengan rail card kita memperoleh potongan 30% atau 30 pounds. Jumlah yang lumayan untuk berhemat.

TIPS #3: Googling lokasi sebelum berangkat

Google maps memberikan kemudahan untuk melihat lokasi tujuan sebelum waktu keberangkatan. Apa yang bisa kita lakukan dengan google maps?

  1. Menentukan lokasi tujuan dari stasiun
  2. Menentukan rute tercepat menuju lokasi
  3. Mencari masjid terdekat!
  4. Mengukur jarak apakah akan ditempuh apakah dengan jalan kaki atau dengan kendaraan
  5. Mencari restoran atau kafe yang menarik untuk dikunjungi

TIPS #4: Hunting penginapan murah

Umumnya penginapan memakan porsi anggaran yang besar. Jangan khawatir karena hampir di setiap kota di UK terdapat penginapan yang murah. Bagi penggemar jalan-jalan hemat yang tidak keberatan untuk tidur beramai-ramai maka hostel adalah pilihan bagus. Untuk mencarinya ada satu website bagus yang menyediakan banyak informasi mengenai hostel yaitu www.hostelworld.com. Harganya pun bervariasi dari di bawah 10 pounds per malam sampai lebih dari 20 pounds per malam untuk tiap orangnya. Model kamarnya pun bermacam-macam. Ada yang satu kamar terdapat 4 tempat tidur bahkan sampai 16 tempat tidur. Perlu diketahui bahwa menjadi hal biasa jika di hostel satu kamar ditempati baik laki-laki maupun perempuan.

Pilihan lain adalah dengan menginap di travelodge yang tersebar di banyak kota di UK. Informasi lengkap bisa diperoleh di www.travelodge.co.uk. Travelodge menyediakan penginapan nyaman dan relatif murah. Kamarnya pun jauh lebih nyaman seperti layaknya hotel di Indonesia. Tersedia televisi dan kamar mandi dalam yang nyaman. Berbeda dengan hostel yang hanya meyediakan tempat tidur dan kamar mandi sederhana.

TIPS #5: Pastikan sedia receh

Tips terakhir sangatlah umum diberikan. Di UK, recehan pecahan 10p, 50p, dan 1 pounds sangatlah berharga. Memberi uang pas untuk beberapa hal di bawah ini akan memudahkan kita saat bepergian:

  1. Membayar bus (70p dengan kartu pelajar dan kurang lebih 1.5 pounds untuk penumpang biasa)
  2. Membeli kopi (kopi seperti Starbucks dan Costa paling murah seharga sekitar 2 pounds)
  3. Membeli makanan dan minuman ringan
  4. Membeli tiket tram
  5. Membeli  lokal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s