10 Hal Pemecah Konsentrasi Kerja dan Belajar

Teringat jaman SD sampai SMA belajar adalah tanpa musik, laptop, dan HP. Hanya ada buku, meja, dan lampu belajar. Sekarang susah sekali kembali ke jaman itu. Laptop menyala, musik terdengar, dan HP terus menerima pesan entah dari Twitter, FB, YM, Whatsapp dll. Tidak mengatakan mengganggu hanya bisa dikategorikan sebagai pemecah konsentrasi. Pemecah konsentrasi belum tentu sampai tahap mengganggu. Nah tulisan ini hanya sekedar mendaftar 10 hal yang menjadi pemecah konsentrasi kerja dan belajar sebagai referensi agar bisa lebih ‘bijak’ berhadapan dengan teknologi.

 1. Mendengarkan Musik

Musik membuat otak berpikir dan berusaha menikmati. Konsentrasi terbelah karena kerja otak terbagi antara mencerna musik dan berusaha fokus pada pekerjaan. Jenis musik juga mempengaruhi kemampuan konsentrasi otak.

2. Akses internet

Akses internet cepat, murah, dan apalagi gratisan adalah dambaan anak muda seperti saya (dan teman-teman). Apa saja yang bisa kita lakukan dengan internet cepat? Apakah download jurnal, download ebook (legal tentunya), cek berita terkini, atau akses database online? Hmm luar biasa sekali kalau demikian sayangnya sepengamatanku queri pencarian tidak mengarah kesitu (semoga sih iya). Akses internet lebih menggoda untuk bersosial media entah lewat Facebook, Twitter, Path, atau sosial media lain.

3. Peringatan pesan masuk di HP pintar

Teknologi pesan instan amat penting untuk membantu manusia berkomunikasi. Pesan diterima saat itu juga sehingga mempercepat respon dari lawan komunikasi. Saat ini sudah ada banyak media komunikasi yang bisa dipergunakan. Bahkan satu orang bisa jadi menggunakan lebih dari satu media. Sebut saja Blackberry Messenger, Yahoo Messenger, Google Talk, Whatsapp Messenger, Facebook Messenger, dan Windows Live Messenger. Kecanggihan teknologi memungkinan satu orang untuk online di semua media tadi.

4. Akses informasi yang terlalu banyak

Segala kemudahan tersedia melalui akses internet. Pertanyaan kemudian muncul seberapa mendukungkah semua kemudahan itu untuk produktifitas kerja kita. Mampukah kita tetap berkonsentrasi dalam bekerja dan belajar. Apakah kita bisa lebih banyak menghasilkan karya sebagai kontribusi dari hidup kita. Ada banyak pertanyaan untuk menguji apakah kita sudah cukup bijak menggunakan kemudahan dari teknologi. Pertanyaan untuk mengukur seberapa kita bisa mengambil manfaat riil yang langsung mempengaruhi kemanfaatan dalam hidup kita.

5. Mengikuti lelang dan belanja online

Website lelang seperti eBay dan Amazon menyediakan pengalaman tersendiri bagi kita. Melalui eBay kita bisa mengikuti lelang untuk membeli barang yang hampir pasti lebih murah dari harga pasaran. Semakin baru kondisi sebuah barang maka semakin banyak peminatnya. Amazon memberikan pengalaman belanja online dengan menawarkan antar produk dalam waktu satu hari.

 6. Akses web berbagi video

Mencari lagu kesayangan, acara televisi yang terlewatkan, atau berbagai ulasan menarik, semua bisa dilakukan di web berbagi video seperti youtube. Semua bisa kita akses dengan gratis dan bisa dengan leluasa kita susun daftar putar video sesuka kita.

 7. Bermain game

Bagi penggemar game, baik keberadaan konsol game ataupun software game di laptop akan memberikan godaan tersendiri. Mengasyikan sekali bisa menuntaskan sebuah game atau bermain bersama teman. Tanpa terasa waktu 2 jam habis hanya untuk bermain game.

 8. Membaca komik online

Penggemar komik selalu menantikan chapter terbaru komik kesayangan di web-web penyedia komik online. Contohnya www.mangastream.net menyediakan update chapter terbaru sebuah judul komik favorit seperti One Piece, Naruto, dan Bleach hampir tiap pekan. Jika menunggu edisi cetaknya di Indonesia maka bisa memakan waktu berbulan-bulan. Cepat dan gratis, itulah yang membuat banyak orang mengakses penyedia komik online.

 9. Blogwalking

Bagi yang hobi ngeblog maka aktifitas blogwalking bisa sangat mengasyikan. Selain untuk hiburan dengan membaca kisah orang lain juga bisa untuk mencari inspirasi sebagai bahan menulis.

 10. 9GAG-ing

Web 9gag.com  ini memberikan hiburan melalui foto dan sedikit tulisan. Web ini sangat populer di kalangan anak muda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s