Tips Beasiswa 1 – Menyiapkan Amunisi

Melanjutkan studi ke luar negeri aku yakin terlintas di hampir sebagian besar teman-teman kuliah. Meski tidak banyak yang serius mengejar namun minat untuk ke arah sana tetap ada dan meningkat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dijadikan sedikit bahan untuk mencari beasiswa. Untuk tips pertama adalah menyiapkan amunisi sebelum mulai mendaftar universitas dan beasiswa.
Sebelum bermimpi mendapatkan sekolah impian dan beasiswa impian, maka sudah barang tentu bagi kita semua untuk menyiapkan amunisi. Amunisi ‘khas’ yang harus disiapkan antara lain IELTS, TOEFL IBT, atau tes kemampuan bahasa negara impian. Amunisi lain bagi yang ingin studi ke Amerika Serikat adalah GMAT atau GRE jika jurusan impian mensyaratkannya. Sebenarnya beberapa sponsor tidak mengharuskan teman-teman memiliki amunisi lengkap. Bahkan ada banyak pemberi beasiswa yang akan memberi dana bagi teman-teman yang lolos seleksi untuk melengkapi semua amunisi. Menurutku tidak ada salahnya menyiapkan semua selagi berburu sponsor. Selain itu kelengkapan amunisi bisa dianggap nilai plus saat kita mendaftar beasiswa.
Nah ada beberapa hal yang ingin aku beri komentar. Kenapa IELTS atau TOEFL IBT? Karena jika sudah mendapatkan salah satunya maka cukup untuk digunakan mendaftar sekolah dan juga beasiswa. Jika masih menggunakan TOEFL ITP, seringkali atau bahkan hampir semua universitas tidak menerimanya. Lalu pilih IELTS atau IBT? Menurutku cakupan IBT lebih luas karena universitas di Amerika sebagian besar hanya menerima IBT sedang IELTS lebih diterima di negara Inggris dan Australia. Kalau mau melakukan portofolio beasiswa yang luas maka IBT pilihan terbaik. Kalau aku memilih IELTS karena menurutku lebih mudah dari IBT. Kemudian mengenai seberapa tinggi skor yang perlu didapat. Disini berlaku semakin tinggi skor semakin baik. Kenapa? Karena memudahkan teman-teman dalam mencari universitas impian. Universitas dengan ranking tinggi dan terakreditasi sebagian besar meminta skor IELTS/IBT yang cukup tinggi. Sebagai contoh untuk Cambridge, University of London, dan Oxford mereka meminta IELTS di atas 7. Jangan khawatir dengan skor karena sebagian besar universitas meminta skor IELTS 6.5 dengan band masing-masing minimal 6. Universitas bagus seperti Australian National University mensyaratkan IELTS 6.5 untuk Master of Commerce. Aku yakin semua itu bisa dicapai dengan belajar dan latihan. Jangan lupa biaya sekali tes cukup menguras kantong yaitu 1.8 jutaan satu kali tes. Lebih baik siapkan betul-betul sebelum tes daripada berkali-kali mengambil tes. Jika amunisi sudah siap maka teman-teman siap berburu universitas dan beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s